InTRo

Assalamu alaikum!
Nama saya Epping. Saya "berprofesi" sebagai koas. Koas itu nama lain dari dokter muda. Harus belajar dan mengabdi di Rumah Sakit selama kurang lebih 2 tahun atau bisa juga selama-lamanya, baru kemudian bisa dipanggil Pak Dokter. Tapi di sini saya tidak akan berbagi apapun tentang dunia medis yang menjemukan itu. Saya lebih senang membahas kegemaran saya, kesenangan saya dan apa-apa saja yang membuat hal-hal itu timbul. Tiap orang punya minat dan hobi masing-masing, kadang kala kegemaran mereka itu bahkan bertolak belakang dengan bidang yang mereka pelajari demi sesuap nasi. Itulah hidup, penuh dengan pilihan, dan orang-orang yang salah memilih.
Begitu juga saya, saya gemar menulis lagu meskipun tidak bisa baca-tulis partitur. Saya juga senang membuat file-file video bercerita yang orang sebut sebagai film indie. Pada dasarnya saya senang dengan segala hal berbau seni, kecuali airnya, tentu saja.
Di blog ini saya menyimpan karya-karya saya dan membaginya kepada Anda di saat bersamaan. Selama ini lagu-lagu saya cuma mengonggokkan diri mereka di dalam komputer. Baru beberapa waktu yang lalu saya mulai berpikir untuk posting lagu-lagu ini ke blog, sebelum komputer saya, rumah mereka, musnah ditelan rayap... So, selamat datang, Teman... Silahkan dengar blogku...

Tiga Puluh Detik Pertama!  

Ada sebuah saran menarik yang saya dapatkan di sebuah forum musik (link nya ada di blog saya). Di sana dikatakan bahwa ada kiat tersendiri dalam membuat lagu yang akan dikirim ke radio.

Seperti kita tahu, struktur lagu yang biasanya dipakai orang adalah : intro-verse-prechorus-chorus. Saya juga menganut pola itu. Tapi, jika Anda berencana untuk mengirim lagu Anda untuk diputar di radio, ada sedikit perbedaan.

Struktur seperti ini yang disarankan :

intro-chorus-verse-prechorus-chorus.

Nah, kita bisa lihat perbedaannya. Lalu kenapa memainkan chorus setelah intro? Ini bukan keharusan yah, mengingat dalam musik tidak ada peraturan! Cuma saja, menurut survey, ketika seseorang mendengar lagu di radio, yang menentukan orang itu akan suka lagu itu atau tidak, ada di 30 detik pertama! Artinya apa?

Lagu Anda harus mampu menarik perhatian pendengar dalam 30 detik pertama dengan cara memainkan chorus di awal. Karena chorus Anda mengandung elemen paling penting dalam struktur yang biasanya mengandung nada-nada yang mudah diingat. Jangan lupa untuk menambahkan hook di intro.

Dengan cara ini diharapkan lagu Anda bisa memaksimalkan kesempatan yang diberikan oleh stasiun radio.

Informasi yang bagus. That’s why saya sering main ke forum itu. Banyak orang jago di sana yang bagi-bagi ilmu. Selamat berkarya.

rEcEnT cOmmEnTS :

MaU DiKiRiMi iNFO LaGu BaRu? KaLo BeGiTu SiLaHKaN:

Masukkan Email Anda di sini

Delivered by FeedBurner

SUPPORTED BY :
Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add Sebuah Etalase Karya to Newsburst from CNET News.com Add to The Free Dictionary Subscribe in Bloglines Add to Plusmo Subscribe in NewsAlloy Add to Excite MIX Add to Webwag Add to Attensa Receive IM, Email or Mobile alerts when new content is published on this site. Subscribe in podnova Add to Pageflakes Powered by FeedBurner